Memilih Sekolah Sejak Usia Dini (TK)

Mulai bulan ini pasti banyak orang tua yang sudah mulai hunting sekolah-sekolah untuk anak-anaknya. Adalah wajar bila orang tua selalu mengusahakan yang terbaik bagi anaknya, termasuk dalam hal mencarikan sekolah.

Memilih TK bagi buah hati tercinta, bisa dikatakan susah-susah gampang. Menjamurnya TK dengan iming-iming berbagai macam keunggulan yang ditawarkan, membuat orang tua kerap kesulitan dalam memutuskan TK pilihan. Hal ini akan menjadi mudah bila para orang tua telah mempunyai gambaran yang jelas akan TK yang akan dipilih untuk buah hatinya.

Anak usia TK termasuk dalam kelompok anak usia dini (2-6 tahun) dengan karakteristik berikut : ada usaha anak untuk mengendalikan lingkungan dan mulai menyesuaikan diri secara sosial, menunjukkan ketertarikan atau keingintahuan tentang lingkungan sekitarnya, dan kecenderungan anak untuk mengikuti cara berbicara atau perilaku orang-orang di sekitarya, dan mulai tampak kreativitas pada diri anak. Dan memang itulah tugas perkembangan seorang anak usia dini.

Berdasarkan karakteristik ini, kiranya penting bagi orang tua untuk mencari sekolah yang menunjang karakteristik perkembangan anak usia tersebut. Sehingga kegiatan mencari informasi dari berbagai sumber (mulai dari sharing pengetahuan dengan ibu-ibu lain, tanya-tanya saudara, tetangga, sampai datang sendiri ke sekolah incaran untuk mencari info kurikulum, fasilitas belajar mengajar dan bermain, sampai bentuk bangunan dan yang tak kalah penting adalah uang pangkal dan uang bulanan), menjadi lebih terarah.

Berikut beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebuah TK :

 1. Suasana Sekolah

Suasana sekolah haruslah menyenangkan. Aktivitas belajar harus dirasakan anak dalam suasana fun. Bila tidak, anak justru akan kehilangan motivasi belajar. Saat kehilangan motivasi, proses belajarnya tidak lagi efektif.

2. Rasa Sayang Guru

 Posisi guru menjadi sangat penting bagi anak usia ini. Guru yang bisa menyayangi anak akan menumbuhkan semangat belajarnya. Sebaliknya, guru yang “menakutkan” bukan tidak mungkin malah menimbulkan trauma sekolah pada anak.

 3. Kembangkan Semua Aspek

 Seperti sudah disinggung di atas, TK harus bisa mengembangkan semua aspek dalam kehidupan anak, baik fisik, motorik, sosial emosional, nilai-nilai dan norma kehidupan, serta minat dan motivasi belajar. Jadi, amati apakah sekolah yang Anda nominasikan memang peduli pada hal ini atau tidak.

 4. Tidak Memaksa

 Di bangku TK, guru tidak boleh memaksa anak untuk mempelajari hal-hal yang seharusnya dipelajari pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Boleh saja anak dikenalkan pelajaran membaca, menulis dan sebagainya, tapi semua itu harus dilakukan sambil bermain dan sama sekali tidak ada unsur paksaan di dalamnya.

 5. Aman dan Menyenangkan

 TK harus menjadi tempat yang aman dan menyenangkan bagi anak usia ini. Jangan sampai guru membiarkan muridnya berebut naik ayunan atau saling dorong di tempat bermain perosotan sampai ada yang terjatuh. Kalau ini terjadi berarti sekolah tersebut bukanlah tempat yang aman dan menyenangkan untuk anak.

Jadi, apa saja fasilitas standar yang dibutuhkan anak TK? Berikut di antaranya: 

 1.Mendukung Aktivitas Fisik

 Fasilitas yang dibutuhkan guna memenuhi aktivitas fisik anak sebenarnya tidak muluk-muluk. Cukup ada halaman untuk berlari-lari, melompat-lompat, dan beberapa jenis permainan seperti perosotan, ayunan, rangka besi yang bisa dimanfaatkan anak untuk naik turun, dan sejenisnya. Intinya, permainan tersebut dapat digunakan untuk melatih motorik kasar anak. Sedangkan untuk melatih motorik halusnya tersedia aneka macam permainan atau peralatan, seperti untuk melukis, mewarnai, meronce, dan sebagainya.

 2. Ruang Kelas

 Ruang kelas yang dibutuhkan anak tidaklah harus mewah lengkap dengan fasilitas AC dan sebagainya. Yang penting kelas tersebut harus bersih dan tidak terlalu sesak. Idealnya, satu ruang kelas maksimal hanya diisi 20 murid dengan 2 orang guru. Terlalu banyak murid akan membuat suasana belajar tidak efektif dan guru pun akan dibuat kewalahan.

Dan kebetulan saya adalah salah satu orang tua yang sedang sibuk mencari sekolah TK untuk anak… Selamat berjuang untuk mencerdaskan masa depan bangsa mulai pada usia dini bagi kaum Ibu :)

Ditulis oleh: Ardiawati

About these ads

Tentang ardiawati170483

Saya seorang ibu rumah tangga biasa, yang biasa menghabiskan waktu bersama anak, suami dan orang - orang di lingkungan sekitar. Dalam Blog ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman yang saya temui dalam kehidupan sehari - hari. Dan informasi yang semoga bermanfaat setelah membaca artikel saya.
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

8 Balasan ke Memilih Sekolah Sejak Usia Dini (TK)

  1. marsudiyanto berkata:

    Langsung SMA wae Mbak, ben cepet :D

  2. Sriyono Semarang berkata:

    menyimak untuk anak anak entar…
    anaknya masih di showroom soalnya bu… :D

  3. kang ian dot com berkata:

    wah anaknya mau masuk TK y mbak.. bs jadi pelajaran ni buat saya. tapi saya belum punya anak ni hehehe.. kalau istri guru SD ^^

  4. Diah Setiorini berkata:

    iya mba….sama…kebetulan anak2 saya usia 3 dan 4 tahun. lagi bingung nyari sekolahan juga buat mereka. terima kasih sharing infonya. semoga bisa segera dapat sekolah yang terbaik buat anak2 kita :)

    salam kenal
    diah

  5. bunda naila berkata:

    bingung jg y cari sekolah buat anak,anakku 3,6 bln bunda pas umur 2,8 bln msk playgroup yg mnrt kami bagus. naila semangat bgt sklh n lgsg mau ditinggal tp tnyt baru 2x masuk da kejadian yg g ngenakin pas snack time naila dipegangin guruny n diharusin duduk dg alasan kl maem g blh sambil jalan2 pdhl dia tmsk type anak yg aktif stlh kejadian tu tiap mo dianter sklh psti g mau mlh nangis dah dirayu ttp g mau smp akhire stlh 3 bln ttp g mau kami putuskan nyoba pindah sekolah dia mau masuk tp jd g bisa pisah ma bundanya aku hrs ikut duduk di dktnya smp sekarang…..waduh repot jg smp akhirny sjk 1 bln kmrn aku mutusin berhenti kerja biar bs lbh konsen krn takut jg kl nanti trauma sekolahny berlarut2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s