Apakah Golongan Darah Bisa Berubah?

Itulah sebuah pertanyaan “besar” bagiku… Sebenarnya, bisakah golongan seseorang berubah?! Percaya nggak percaya…!! tapi kejadian itu benar-benar terjadi dalam kehidupanku. Tepatnya ini terjadi pada almarhum Bapakku. Aku sendiri juga masih belum percaya 100%. Entah karena kesalahan diagnosa dokter atau memang benar terjadi.. Wallahu a’lam…

Sebagai orang awam aku sendiri juga belum faham betul, tentang spesifikasi jenis golongan darah secara detail. Yang aku tahu ada 4 jenis golongan darah, yaitu: O, A, B, dan AB dengan rhesus negatif (-) dan positif (+).

Dan setelah konsultasi dengan dokter, ternyata menurut medis memang golongan darah seseorang tidak bisa berubah. Namun dari sumber lain yang aku peroleh, bahwa golongan darah memungkinkan untuk berubah karena faktor tertentu. Seperti kelainan darah atau mengidap penyakit yang dapat merusak hemoglobin darah, contohnya; leukimia dan gagal ginjal. Benar atau tidaknya masih perlu mencari tau lebih jauh.

Kejadian ini menimpa bapakku¬† 2 tahun yang lalu sebelum beliau meninggal dunia. Bermula ketika pasca operasi usus besar di sebuah Rumah Sakit Swasta “terkenal” (katanya sih..) di kota Semarang. 5 hari setelah dirumah jahitan operasinya sobek. Singkat cerita bapakku dirumah sakit selama 100 hari dan sudah mengalami sobek jahitan operasi selama 8 kali. Sampai akhirnya kehilangan banyak darah dan terjadi komplikasi sampai pada gagal ginjal, dan tidak berfungsinya usus halus. Sehingga membutuhkan tranfusi darah.

Setelah dicek ternyata golongan darahnya A+, padahal sebelumnya golongan darah bapakku adalah O. Sama seperti aku dan kedua kakakku. Sedangkan ibuku B, demikian juga dengan kakakku yang lain. Tapi entah kenapa golongan darah bapakku menjadi A+. Padahal aku dan kakakku masih tetap O.

Setelah tranfusi darah, kurasakan kondisinya semakin memburuk sampai akhirnya meninggal dunia pada 14 maret 2009. Innalillahi wa inna’ilaihi riji’un…. tepat 100 hari selama perawatan di Rumah Sakit. Semoga amal ibadah beliau diterima Yang Maha Kuasa.. Amin…

Dan Sampai saat inipun aku belum mengatahui dengan pasti “Apakah golongan darah bisa berubah?”. Kita sebagai pasien yang awam mestinya mencari tahu lebih banyak ilmu kesehatan agar lebih waspada dan dapat mencegah terjadinya kesalahan oleh dokter ( aku tidak ingin menyebut sebagai “malapraktek“). Karena ini sudah menjadi kehendak yang Kuasa.

ditulis oleh: Ardiawati

Tentang ardiawati170483

Saya seorang ibu rumah tangga biasa, yang biasa menghabiskan waktu bersama anak, suami dan orang - orang di lingkungan sekitar. Dalam Blog ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman yang saya temui dalam kehidupan sehari - hari. Dan informasi yang semoga bermanfaat setelah membaca artikel saya.
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan. Tandai permalink.

23 Balasan ke Apakah Golongan Darah Bisa Berubah?

  1. Erdien berkata:

    Koq bisa seperti itu ya? Jadi penasaran pengen cek golongan darah lagi. Katanya saya dulu golongan O, apakah sekarang tetap gol. O. Rus dicek lagi.
    Apalagi kalo ada transfusi macam itu, rus cocok, kan?

  2. ardia berkata:

    iya, perlu tuh dicek lagi.. siapa tau berubah..:)

  3. Rheint berkata:

    Dokter Juga manusia apakah Anda sendiri Sebagai manusia Tidak pernah melakukan Kesalahan? dan ilmu itu selalu berkembang dan berubah-ubah apalagi ilmu kesehatan yang mencakup tubuh manusia yang banyak misteri yang belum terungkap karena begitu sempurnanya manusia diciptakan Allah SWt jadi kita tidak perlu kaget kalau terjadi kasus seperti golongan darah bisa berubah kita sebagai seorang musrlim tidak dianjurkan berburuk sangka tugas dokter kan hanya membantu meringankan dan menolong orang yang sakit untuk kesembuhan dan usia semua harusnya kita serahkan pada Allah SWT Karena Hanya Allah lah yang Maha Kuasa.

  4. Assalamualaikum, maaf saya mau sedikit memberi informasi.. Menurut hukum pewarisan sifat gen, kalau ayah anda golongan darah O sedangkan ibu anda B, anda dan kakak anda tidak mungkin bergolongan darah O.. kemungkinan besar, dulu pada saat ayah anda cek darah terjadi kesalahan.. Golongan darahnya memang A.. Kalau golongan darah A dari ayah dan B dari ibu, mungkin saja gol. darah anda dan kakak anda O.. Terima kasih..

    • omiccakra berkata:

      mungkin aja bisa kalau jenis golongan darah ibunya adalah IBIO (B heterozigot), jadi kalau campur sama O, kemungkinan peluang normal yang muncul adalah golongan darah B heterozigot sama seperti ibunya atau O :D
      *setau saya ya ^^

    • CAM berkata:

      @MuhRif–> bisa aj sbnernya, tergantung dari homo/heterozigotan gol darah ibu B (dlm hal ini, golongan darah ibu diduga B heterozigot)
      ploidi manusia adalah diploid, jd golongan darah B dpt terekspresi dr BB atw BO, dmikian jg goldar A yg dpt terekspresi dr AA atw AO, smntara goldar O adlh OO, dan goldar AB adlh AB

    • Anugrah Tri Rahmadi Putra berkata:

      saya mengalamai hal yang serupa, mengalami perubahan golongan darah sejak umur 29, begini kronologis nya :
      1. Saya lahir dari ayah yang memiliki golongan darah O dan ibu yang memilki golongan darah B sehingga saya memiliki golongan darah lahir O
      2. dalam beberapa kalo melakukan kegiatan donor darah pada usia 19 thn saya di identifikasi memiliki golongan darah O
      3. Saya mengalami kecelakaan dan harus di operasi pada tahun 2007, pada saat itu tidak di lakukan transfusi darah (operasi ortopedi), dan pada saat check up saya kembali di identifikasi memiliki golongan darah O
      4. Pada tahun 2008 saya kembali melakukan donor darah dengan identifikasi memiliki golongan darah O
      5. Pada tahun yang sama..anak saya lahir dari istri saya yang juga memiliki golongan darah O, Golongan darah anak saya O sampai saat ini
      6. Pada tahun 2009 saya mengalami kecelakaan kerja dan mengalami patah tulang dan harus di operasi tanpa di lakukan transfusi darah, di Identifikasi golongan darah saya O
      7. Tahun 2011 saya kembali mendonorkan darah saya, Pada saat itu usia saya 29 Tahun, di Identifikasi golongan darah saya ternyata menjadi AB ??? saya engga percaya begitu aja, di kartu donor saya tertera dengan jelas bahwa golongan darah saya adalah O dan saya tetap pada pemikiran bahwa golongan darah itu tidak akan pernah berubah, adapun kalau berubah pasti dalam keadaan yang anomali atau rekayasa genetis aja, jadi petugas donor saya minta untuk periksa ulang, setelah di coba untuk ke 2 kali nya dengan orang yang berbeda golongan darah saya memang telah menjadi AB !!!!
      8. saya masih g percaya, pada akhir 2012 saya harus di opname karena sakit keras (Gejala Tipus), dari hasil cek darah, saya memiliki golongan darah AB !!!!
      9. Saya masih saja engga percaya dan beranggapan itu mustahil, sampai anak ke 2 saya lahir pada tanggal 24 Oktober 2013 ini dengan memiliki golongan darah B !!!!!
      Subhanallah…Alhamdulillah saya masih sehat tanpa gangguan kesehatan apapun.
      Jika anda tertarik dengan kasus saya, silahkan call saya di 081334400252 (sms dulu sebelum telpon, saya g angkat no yang g saya kenal), atau email saya di anugrah82@yahoo.co.id
      berikut alamat tinggal saya : Jalan Danau Poso no 55 perumahan Taman Toraja Tanjung Bunga Makassar

  5. omiccakra berkata:

    baru baca ni :)
    kenyataannya memang golongan darah sekarang bisa dirubah dengan rekayasa medis dengan memodifikasi sel. menurut sumber di detikhealth juga disebutkan ada beberapa jenis protein jamur yang bisa melepas antigen2 tertentu dalam darah.

    tapi setelah saya lihat2, saya sendiri belum menemukan kajian ilmiah tentang perubahan golongan darah berdasarkan jenis protein penggumpalan darah (A,B,AB, dan O) secara alamiah. entah belum ada yang buat kajian ilmiahnya atau saya aja yang ngga nemu ^^,

    kalo iseng browsing2 aja, sapa tau ada yang pernah bikin journal atau studi ilmiah terkait hal tsb :D

  6. hmm.. sorry gak maksud ngerecokin atau gimana, saya sendiri punya pengalaman sama golongan darah yang berubah gini. dan ini ke diri saya sendiri, jadi dulu pas SD saya pernah kena tifus diceklah golongan darah dll dan didapatin hasil saya B, terus SMP saya kena DB dicek darah lagi B jg (gak sampe tranfusi darah). nah SMA saya cek darah di kegiatan PMR gitu hasilnya mengejutkan, darah saya AB.. ya gak percaya dong.. saya cek lagi malah A -_-!, saya gak ngarang2 nih cerita, sampe akhirnya pas SMA kelas 3 saya kena DB sampe trombosit saya rendah dan harus tranfusi darah. saya minta dokter mastiin dulu golongan darah saya, hasilnya positif A. akhirnya saya dikasih tranfusi trombosit A (yang bikin saya alergi sampe sesek nafas n gatel2). sampe sekarang saya masih bingung kenama bisa kayak gitu.

  7. lutfi berkata:

    Saya turut berduka cita atas meninggalnya bapak…’
    Kemungkinan terjadi kesalahan pemerisaan selalu ada…, kemungkinan terjadi perubahan golongan darah juga bisa…, dapat terjadi pada penyakit dengan keganasan hematologi. Perubahan hasil pemeriksaan golongan darah juga dapat terjadi pada bayi jika diperiksa sebelum usia 2 tahun karena keterbatasan reagen…, Telah dilaporkan satu kasus leukemia akut (LMA-M6) yang mengalami perubahan golongan darah. Sesuai dengan family study terhadap keluarga pasien, sebenarnya penderita sebelumnya mempunyai golongan darah A. Karena pasien menderita keganasaan hematologi berupa leukemia akut sehingga terjadi kehilangan dari ABO antigen dimana kehilangan ABO antigen ini bisa terjadi sebelum diagnosa LMA ditegakkan. Pada leukemia atau kelainan hematopoietik yang lain, dua mekanisme yang ada dapat menjelaskan
    lemahnya atau hilangnya ABO antigen. Pertama karena A dan B transferase tidak aktif, dimana hasilnya adalah melemahnya atau hilangnya A dan atau B antigen berbarengan dengan meningkatnya H antigen. Kedua karena hilangnya ABH pada beberapa kasus leukemia didahului dari hilangnya heterosigosity. Hilangnya ABO antigen akan kembali normal dan menunjukkan
    golongan darah yang penderita miliki sebelumnya akan sejalan dengan perbaikan dari penyakit yang mendasarinya. coba buka….http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/perubahan%20golongan%20darah%20pada%20penderita.pdf

  8. andi777andy berkata:

    golongan darah adik saya juga berubah….yang pertama saat kecil dicek dia A sama seperti saya dan kakak saya, namun saat mau melakukan donor ternyata dicek golongan darahnya B, ayah saya AB dan ibu saya O.

  9. irvan berkata:

    saya jg heran golongan darah saya juga berubah dr o menjadi b

  10. ali berkata:

    ini saya alami tadi malam di rs sardjito yogya tg 2 okt 2012, saya membawa 2 donor untuk paman, kedua donor itu pernah dicek semasa sma gol darahnya ab, saat mau donor di sarjito dicek ternyata yg satu jadi a dan yang satunya b, saya heran? dan gak percaya apa mungkin alat testnya salah? tapi pada saat yang sama, ada orangtua pasien membawa 7 pendonor AB setelah dicek yang lolos AB (tidak berubah) hanya 1, yg aneh salah satu pendonor baru bulan juni lalu mendonorkan darahnya ab di rs sragen untuk saudaranya, dan ia sudah 5x donor darah tetap ab, tapi malam tadi di rs sardjito dinyatakan gol darahnya “A” dia sampai marah2 dan menunjukan kartu pendonor rutin “tertulis AB” , aneh bin ajaib??? ada apa gerangan, wallauhu alam bi sawab? si ibu yg semula ada harapan dengan 7 pendonor menjadi terkulai lesu karena hanya dapat 1 pendonor, nasib saya yg bawa 2 pendonor hampa, untung ada keluarga pasien lain yang berkenan barter, alhamdulilah dapat 1 juga. BAGI SAYA PRIBADI INI ADA HIKMAHNYA, TERLEPAS APAKAH BENAR GOL DARAH BISA BERUBAH (TEORITISNYA BLM ADA) NAMUN INI SEPERTINYA ALLAH MENGAJARKAN KEPADA KITA UNTUK BERIKHTIAR DAN PASRAH (2 HAL YG BERTENTANGAN TAPI HARUS DIPADUKAN) DAN KITA HARUS SALING BANTU MEMBANTU TANPA BURUK SANGKA (BARTER ANTAR PENDONOR ANTAR KELUARGA PASIEN) YAAH SUKA SUKA TUHAN MAU MEMBERI PELAJARAN APA SAMA UMATNYA, YG PENTING KITA SELALU SYUKUR DAN SABAR…………………… RENCANA TUHAN JAUH DARI AKAL KITA….. DAN TERUS TERANG SAYA SEARCHING KARENA PENASARAN DAN ANEH ATAS KEJADIAN TADI MALAM ITU, GOL DARAH KOK BERUBAH????? BETAPA ENGKAU MAHA KUASA YA TUHAN.

  11. minan chb berkata:

    Oh my God… It’s my reality now… but I choose to be still and quiet … I do not want to be ruffled as research material, all the will and power of God … I hope always given the ease and health so I do not sweat the more difference and weirdness.

  12. santi berkata:

    saya jg pernah mengalami kejadian tersebut, tapi tentunya tanpa ada transfusi darah.ayah saya bergolongan darah 0,ibu b. pada saat umur 15 tahun goldar sy di periksa ab, namun pada umur 20 tahun dinyatakan a. saya sangat bingung kok bisa ya seperti ini?

    • omic berkata:

      Duh bukannya kalo b campur o peluang keturunan anaknya hanya b dan o ya? Itupun kalau b salah satu orang tuanya sifatnya heterozygot.

      • Anggun berkata:

        @Santi waduh, itu malah jadi masalah…benar kata Omic, kalo orang tuanya gol.darah o dan b, anaknya cuma punya peluang bergolongan darah o atau b, kalau yang gol.darah b itu heterozigot. nah, tapi kenapa justru kamu dua kali tes gol.darah malah ga ada yang o atau b???? kok malah ab dan a??? maaf, bukan bermaksud memanas2i.. ~_~”a

  13. danu berkata:

    saya juga kemarin 2th yang lalu saya juga. darah nya AB+ tapi sekarang di 2012 berubah menjadi B+ saya bingung pas donor apa ada kesalahan diagnosa apa nggk., dulu semasa darah saya AB saya sering ngeluh sakit.,

  14. IsRie berkata:

    saya jg mengalaminya, golongan darah saya O tapi kemaren waktu mau donor darah buat anak teman ternyata setelah d’ambil darah saya B, saya sampai nggak enak sama temen saya seolah2 udah ngasih harapan buat donorin dan saya jg agak kecewa nggak bisa nolongin anaknya. Mohon doanya “semoga saja anak teman saya bisa bertahan dan cepat sembuh”
    amin :) *Terima Kasih

  15. shinta prima berkata:

    saya juga mengalaminya..ceritanya waktu smu disekolah ada pemeriksaan gol. darah,selesai cek darah saya A sama dengan almarhum ayah saya,sedikit info ayah saya gol. darahnya A sedangkan ibu saya AB jadi pasti gol. darah saya gak jauh dari dua gol. tersebut (menurut saya sich..).ternyata setelah menikah dan punya 2 anak waktu mau mendonorkan darah saya kaget karena gol. darah saya berubah menjadi O (gak tau kesalahannya waktu pengecekan yg mana)..sama seperti gol. darah suami,sedikit terkejut sich cuma blm ada perasaan yang “aneh”,baru terusik lagi waktu melahirkan anak ke 3 thn 2010 saya harus menjalani transfusi darah karena Hb saya cuma 4,saya katakan pada dokter kandungan saya bahwa saya bingung dengan gol. darah saya,semula A lalu berubah jadi O.Akhirnya dokter mengecek ulang gol. darah saya dan ternyata tetap O,jadi akhirnya saya ditransfusi dengan gol. darah O,tidak lama setelah transfusi saya merasakan gatal dan perih pada kulit saya seperti alergi sehingga diputuskan untuk menghentikan transfusi meskipun Hb saya masih jauh dr normal.Alhamdulillah..saya bisa melahirkan dengan selamat walaupun sedikit beresiko dengan Hb yg rendah,yang menggangu pikiran saya adalah kenapa gol. darah saya bisa berubah,bahkan sempat terlintas prasangka buruk bahwa saya bukan anak kandung orang tua saya!!maklum saya gak gitu ngerti masalah gol. darah,tapi dengan membaca testimoni dari beberapa rekan diatas saya agak lega (walaupun dikit sich..) bahwa tidak menutup kemungkinan gol. darah bisa berubah karena beberapa hal.Mudah2an ada penjelasan yg bisa lebih detil informasinya yaa..

  16. Anggun berkata:

    saya juga, mengalami perubahan golongan darah. sejak masih kecil, gol. darah saya O, sama dengan ibu saya. ketika saya kuliah, saya menjadi probandus dalam praktikum tes golongan darah. saat itu dengan PDnya saya yakin gol.darah saya O, tapi tiba2, setelah dites, gol.darah saya A+..saya sampai berdebat dengan asisten praktikum kalo gol.darah saya itu yang benar O. lalu, setelah itu, saya tes lagi di Puskesmas, ternyata gol.darah saya masih A. untung, ayah saya gol. darahnya A. jadi, saya masih anak orang tua saya. hehehe…hari ini, selang satu tahun kemudian dari masa itu, saya coba tes gol. darah di klinik yang katanya sih, ternama. kita lihat saja hasilnya nanti. apa akan berubah lagi???

  17. Adi Kurnia Halim berkata:

    hmmm masih jadi pertanyaan juga, soalnya golongan darah saya pernah berubah dari A ke O.
    dan juga gol darah paman saya dari A ke O ke A lg??\
    bingung

  18. Indra Leucaena berkata:

    demikian pula yg terjadi pada alm.tanteku,wktu kecil beliau golongan darah A,tetapi saat beliau akan transfusi darah akibat DB,ternyata gol darah beliau berubah menjadi O,dan akibat perubahan golongan darah itu tanteku terkena leukimia,bahkan dokter yg merawat tanteku akan melakukan penelitian penyebab terjadinya perubahan gol.tersebut,sampai2 biaya perawatan di rmh sakit semuanya di tanggung oleh pihak rmh sakit,demi penelitian tsb.

Berikan Balasan

