Pluralisme dan Karakteristik Manusia di Lingkungan Klasik

Pada dasarnya manusia dikaruniai bentuk, akal dan sifat yang sempurna oleh Yang Maha Kuasa. Namun dalam kesempurnaan terdapat keterbatasan yaitu nafsu. Tak ada manusia yang paling sempurna di dunia ini selain Rasulullah SAW.

Manusia diberi sifat yang beraneka ragam / plural. Dalam satu lingkungan terdapat pula bermacam karakter / sifat manusia. Ada seorang penyabar, pemarah, pendengki, pendiam dan lain sebagainya. Hidup berdampingan dalam sebuah komunitas dituntut untuk saling menghormaati dan menghargai satu sama lain.

Keberanekaragaman sifat manusia yang terdapat dalam satu lingkungan seringkali terjadi pertengkaran, salah paham, adu argumen, karena perbedaan pikiran dan pandangan dalam menilai suatu hal. Untuk itu dibutuhkan toleransi yang tinggi dalam kehidupan bertetangga, bermasyarakat dan bersosialisasi agar dapat meminimalisir terjadinya konflik.

Apalagi biasanya kaum ibu yang sering bergunjing mengolok satu sama lain. Seringkali timbul masalah antar warga. Itu disebabkan rendahnya kualitas (SDM) Sumber Daya Manusia. Sehingga berpikiran picik / pendek dalam menyelesaikan suatu masalah. Itu biasanya banyak terjadi di lingkungan klasik, dimana tingkat pendidikan penduduk dibawah standar. Namun pengalaman hidup juga sangat berpengaruh pada seseorang dalam bersikap.

Oleh karena itu bekalilah diri kita dengan pendidikan dan pengalaman yang cukup. Pendidikan dan pengalaman tidak hanya didapat di bangku sekolah. Namun dengan banyak membaca dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Sehingga dapat tercermin eksistensi siapa diri kita dan bagaimana tingkah laku kita.

Maka dalam praktek hidup bermasyarakat dibutuhkan toleransi yang tinggi antar warga. Sehingga tercipta lingkungan yang nyaman, rukun dan damai. Mari kita tanamkan dalam diri kita.

Mulailah dari diri sendiri!!!

Ditulis oleh: Ardiawati

Tentang ardiawati170483

Saya seorang ibu rumah tangga biasa, yang biasa menghabiskan waktu bersama anak, suami dan orang - orang di lingkungan sekitar. Dalam Blog ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman yang saya temui dalam kehidupan sehari - hari. Dan informasi yang semoga bermanfaat setelah membaca artikel saya.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di sosial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s