Terapi Air

Beberapa waktu yang lalu saya menderita sakit batu ginjal. Setelah melalui pemeriksaan dan USG ditemukan batu pada ginjal sebesar 4,5 mm. Sewaktu kambuh pinggang terasa sakit dan sangat pegal. Oleh dokter, disarankan untuk operasi atau laser. Sampai pada akhirnya ada seseorang menyarankan saya untuk melakukan “Terapi Air”.

Terapi air adalah terapi alami yang dadasari penggunaan air secara internal (dengan minum air) dan eksternal sebagai pongobatan berbagai penyakit.

Prosedur terapi air dilakukan dengan cara; setiap pagi setelah bangun tidur segera minum 1,5 liter air atau sekitar 5-6 gelas. Air itu harus berada pada suhu kamar. Apabila tidak terbiasa, seseorang kadang lupa minum air pada pagi hari. Cara yang lebih aman agar tidak terlalu berat menjalankannya adalah dengan memasukkan air ke dalam botol air mineral berukuran 1,5 liter dan menyimpan botol tersebut disamping tempat tidur sebelum tidur. Pada awalnya, mungkin sulit meminum air sebanyak itu dalam waktu singkat, tetapi secara berangsur-angsur pasti akan terbiasa. Pertamanya, minumlah 2 gelas air. Lalu dilanjutkan 1 gelas setiap 5 menit, sampai air sebanyak 1,5 liter habis. Terapi ini akan efektif bila tidak minum atau makan selama 1 jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air tersebut.

Konsumsi air lebih dari atau minimal 2 liter per hari adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun-racun . Lebih dari 60% tubuh manusia terdiri dari air. Selain darah, organ-organ tubuh yang sangat vital peka sekali terhadap kekurangan air. ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik jika tidak cukup air. Ginjal membutuhkan banyak air sebelum mengedarkannya kembali dalam darah. Dan untuk proses pembentukan urin yang banyak sehinnga dapat mendorong batu yang terdapat pada ginjal.

Kita sering mendengar bahwa tubuh memerlukan air minum sebanyak 8 gelas sehari. Sebetulnya tidak ada standar khusus untuk kuantitas air yang harus diminum. Yang harus diperhatikan adalah tingkat kecukupan air minum yang dikonsumsi dan diperlukan tubuh. Kebutuhan air minum yang dibutuhkan tubuh berbeda-beda untuk setiap orang tergantung usia, letak geografis (iklim panas atau dingin), aktivitas, gangguan kesehatan yang diderita dan lain-lain.

Kecukupan jumlah air minum yang dikonsumsi dapat diketahui dari urine yang dihasilkan. Jika konsumsi air cukup, warna urine akan kuning pucat. Sebaliknya , bila kekurangan air (dehidrasi), urine berwarna agak jingga. Ketidakcukupan mengonsumsi air minum dapat pula menyebabkan bau urine menyangat. Bau kulit pun tidak sedap. bau tersebut disebabkan akumulasi toksin dalam tubuh. “Dengan minum air yang lebih banyak, gangguan pada tubuh dapat teratasi”.

Ditulis oleh: Ardiawati

Tentang ardiawati170483

Saya seorang ibu rumah tangga biasa, yang biasa menghabiskan waktu bersama anak, suami dan orang - orang di lingkungan sekitar. Dalam Blog ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman yang saya temui dalam kehidupan sehari - hari. Dan informasi yang semoga bermanfaat setelah membaca artikel saya.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Terapi Air

  1. Tulisan yang menarik !! ^_^
    Terapi air, perlu dipraktekkan nih.
    Oh iya selain itu saya pernah baca tentang adab minum dalam Islam yaitu : kalau saat minum air, jangan menghembuskan nafas ke air yg akan kita minum karena nafas yang kita keluarkan mengandung CO2 yang saat bercampur dengan air (H2O) akan membentuk reaksi kimia yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu, minumlah sambil duduk, krn saat duduk katup yang ada pada kandung kemih akan tertutup, sehingga air akan terserap dan tersaring dengan baik sebelum masuk ke kandung kemih untuk dibuang. Berbeda kalau kita minum sambil berdiri, katup akan terbuka, sehingga air tidak terserap dengan baik. Oh iya jangan lupa berdo’a, karena saat kita mengatakan sesuatu yang baik(do’a) air akan bereaksi positif -dibahas dalam buku The Power of Water.

    Kurang lebihnya seperti itu, saya mohon maaf jika ada yg salah. Semoga bermanfaat
    ^_^
    http://www.jualherbalkolesterol.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s